img

By Admin Rabu, 28 Mar 2018 Berita

Perusahaan Sawit Dinilai Tipu Petani Plasma

PARLEMEN PANUA – Keberadaan Perusahaan Sawit di Kabupaten Pohuwato seharusnya menjadi solusi bagi permasalahan kemiskinan di Bumi Panua. Masyarakat yang berada di Kawasan Perusahaan seharusnya tersenyum lebar karena jaminan kesejhateraan mulai nampak, akan tetapi kondisi terbalik yang dialami oleh masyarakat di Desa Puncak Jaya Kecamatan Taluditi, mereka hanya menjadi penonton ketika kelapa sawit yang berada di lahan perkebunan di panen oleh pihak perusahaan dan mereka tidak mendapatkan pembagian hasil seperserpun.

Plasma yang dijanjikan perusahaan hanya sebatas surga telinga padahal masyarakat sudah merelakan lahan mereka kepihak perusahaan. Atas kejadian ini, perusahaan dinilai telah menipu masyarakat dan pemerintah daerah serta telah melanggar aturan yang ada. Hal tersebut terungkap pada rapat dengar pendapat antara Gabungan Komisi dengan PT Wira Sawit Mandiri, Dinas Perkebunan dan Sekda Pohuwato serta puluhan petani plasma, Selasa (27/3) kemarin.

Ketua Komisi II Hamdi Alamri dalam pernyataannya mengatakan, bahwa pihak perusahaan sawit dinilai telah melakukan pembohongan publik, pasalnya sudah tujuh tahun beroperasi hingga saat ini belum mendirikan pabrik di Kabupaten Pohuwato. Ditambah lagi, plasma yang menjadi hak masyarakat  belum juga diberikan oleh pihak perusahaan. Jika memang demikian maka DPRD akan merekomendasikan ke pemerintah untuk menghentikan sementara aktivitas perusahaan.

“Perusahaan wajib memberikan kepada petani plasma apa yang menjadi hak mereka dari hasil pembagian perkebunan sawit.
Jangan coba-coba membohongi masyarakat jika masih ingin berada di Bumi Panua Pohuwato. Karena hingga saat ini perusahaan tidak pernah memberikan pembagian hasil perkebunan kepada masyarakat sebagai pemilik lahan. Yang ada masyarakat hanya memiliki hutang dan setiap waktu bertambah jumlahnya, karena informasi saat ini persatu hektare masyarakat petani memiliki hutang 75 juta rupiah ke perusahaan padahal sesuai kesepakatan awal biayaa pekerjaan perkebunan sawit hanya 40 juta perhektare,”tegas Politisi Golkar ini.

Categories

Popular Posts

img
Perusahaan Sawit Dinilai Ti...

Rabu, 28 Mar 2018

img
Tahun 2019 APBD Pohuwato Naik

Selasa, 27 Nov 2018

img
Warga Transmigrasi Minta Di...

Selasa, 27 Mar 2018

img
Perusahaan Wajib Gaji Karya...

Jumat, 09 Feb 2018

img
Ketua DPRD Mohon Doa dan Du...

Rabu, 10 Jan 2018

Kontak Kami

Alamat :Jalan Jend.Sudirman Kom.Blok Plan Kabupaten Pohuwato Provinsi Gorontalo

Phone: (0443) Email: [email protected]

Dapatkan informasi tentang pemerintahan dan keperluan yang berkaitan dengan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pohuwato

© 2017- 2020 Designed by Tatiye.net